Visi dan Misi Baban Sarbana

INDOMATRA (INDONESIA YANG MAJU SEJAHTERA DAN BAHAGIA)

MENUJU PUSAT GRAVITASI PERKONOMIAN DUNIA

Oleh: Baban Sarbana

 

Baban Sarbana
Baban Sarbana

Indonesia adalah negara yang besar, bukan hanya besar karena keluasan wilayah dan potensi sumber dayanya, akan tetapi juga besar  akan sejarah masa lalu yang penuh dengan kejayaan. Sriwijaya dan Majapahit telah melakukan apa yang Bung Karno, Proklamator  Kemerdekaan Republik Indonesia katakan sebagai nation-state, negara bangsa. Indonesia juga tak hanya kaya dengan sejarah masa lalu, bahkan ditakdirkan memiliki peluang menjadi negara besar di masa yang akan datang

Indonesia dengan segala potensinya memiliki kekuatan untuk menjadi pusat dunia. Dengan dukungan segenap rakyat Indonesia, saya, sebagai presiden Republik Indonesia akan membawa Indonesia menuju visi INDOMATRA, Indonesia yang maju, sejahtera dan bahagia.

Strategi menuju visi INDOMATRA adalah dengan:

(1) Akselerasi menuju kemajuan sebagai negara,

(2) Ekspansi menuju kesejahteraan sebagai bangsa

(3) Transformasi menuju kebahagiaan sebagai manusia Indonesia seutuhnya.

Kata kunci dari strategi akselerasi pembangunan menuju kemajuan sebagai negara adalah INDONESIA IS NOT FOR SALE! Bahwa kemajuan harus menjadi konsekuensi dari kedaulatan. Indonesia menjadi negara maju yang berdaulat, negara berdaulat yang maju; tidak menggadaikan sumber daya alamnya kepada negara asing. Kualitas SDM dan serapan teknologi tinggi menjadi bagian dari upaya membangun industri untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kekayaan alam yang berlimpah.

Kualitas kompetitif dari SDM Indonesia untuk mengelola SDA yang berlimpah menjadi bagian dari upaya akselerasi kemajuan; karena dengan membangun industri dari pemanfaatan SDA akan memberikan kemandirian sekaligus kedaulatan, serta lapangan pekerjaan yang banyak bagi penduduk Indonesia. Dunia bisa terlibat berinvestasi dalam proses ini, dengan catatan, NKRI menjadi tuan rumahnya dan rakyat mendapatkan manfaat maksimal untuk kesejahteraan.

Dunia membutuhkan Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan dunia, Indonesia harus menjadi negara yang maju. Kemajuan yang ditandai dengan daya tarik Indonesia mengundang investasi luar tanpa menghilangkan kedaulatan negara. Kemajuan Indonesia harus menjadi magnet bagi dunia untuk memutuskan berinvestasi di Indonesia. Salah satu strategi yang saya gulirkan adalah investasi di pulau-pulau kecil dan infra struktur yang memfasilitasi akses terhadap pulau-pulau kecil tersebut. Investasi di pulau-pulau kecil tersebut akan berdampak pada penyebaran penduduk, menjadi magnet bagi pengembangan ekonomi lokal.

Program jembatan selat sunda yang sudah rampung, lebih dioptimalkan lagi dengan pembangunan industri yang mampu mensejahterakan masyarakatnya.

Kemajuan Indonesia akan menjadi magnet bagi dunia. Kepemimpinan yang transparan dan sistem yang efisien adalah kata kuncinya. Libatkan dunia dalam kemajuan Indonesia.

KESEJAHTERAAN

Kemajuan harus dirasakan secara merata oleh seluruh lapisan masyarakat. Kemajuan harus berujung pada kesejahteraan. Pendidikan adalah password menuju kesejahteraan. Indonesia harus bisa mensejahterakan rakyatnya. Menuju kesejahteraan dengan membuka akses dan membangun jejaring.

Sebagai pusat dunia, Indonesia menjadi destinasi bagi para pilanthropis dunia untuk memberi kembali kepada dunia melalui Indonesia. Indonesia bisa menjadi pusat philantropi dunia dalam bentuk institusi pendidikan internasional dan lembaga-lembaga riset bertaraf internasional.

Bonus demografi yang kita miliki, tentu menjadi kekuatan utama dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat. Para pemuda harus dibekali mental wirausaha sejak dini, hingga, para pemuda adalah pilar kemandirian di masyarakat. 180 juta usia produktif, dimana 100 penduduk hanya akan menanggung 44-46 usia balita dan lansia, tentu sebuah kekuatan yang luar bisa.

Para pemuda Indonesia tak hanya menjadikan negerinya sebagai sumber pendapatan, tapi juga bisa menyebar, berdiaspora dengan menjadi profesional, wirausahawan di seluruh dunia.

Indonesia bisa menjadi katalis untuk berkontribusi kepada dunia; Indonesia bisa menjadi Pusat Philantropi Dunia, dimana perusahaan kelas dunia bisa berterima kasih kepada alam dan kepada dunia melalui project philantropi di Indonesia.

Dunia pendidikan terlibat dalam membangun kota-kota perdagangan baru. Melalui konsep UNIVER-CITY, Universitas menjadi bagian dari perancang kota perdagangan yang menjadi katalis kemajuan dan kesejahteraan wilayah.

KEBAHAGIAAN

Indonesia adalah bangsa besar yang memiliki jati diri Pancasila. Pancasila adalah fitrah bangsa Indonesia; sehingga kebahagiaan kita sebagai bangsa Indonesia, adalah ketika menjadikan Pancasila sebagai way of life, sebagai jalan hidup dalam berbangsa. Memahami kearifan local adalah bagian kembali kepada jati diri, dan Indonesia bisa menjadi pusat peradaban dunia dengan mendirikan Pusat Kearifan Lokal Dunia di Indonesia. Keragaman budaya, kekayaan kearifan local adalah bagian dari upaya untuk menjadi bangsa yang dirahmati Allah, seperti yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945.

Pancasila sebagai ideologi bangsa harus ditransformasi menjadi perilaku berbangsa dan dikomunikasikan melalui dunia broadcast melalui pendirian International Multimedia & Broadcast Center, sebuah pusat perfilman internasional yang mengkampanyekan nilai-nilai dasar berbangsa melalui pendekatan popular untuk menularkan semangat patriotisme dan kebanggaan akan nilai-nilai budaya bangsa.

Sebagai presiden Republik Indonesia bekerja keras untuk memelihara harapan kita semua sebagai bangsa. Akan tetapi, setiap kerja keras untuk mewujudkan harapan akan percuma tanpa keterlibatan ridha allah di dalamnya; oleh karena itu, sesungguhnya, kemajuan dan kesejahteraan adalah ikhtiar menuju Indonesia sebagai pusat dunia, semoga ridho Allah menyertainya.

Terima kasih