Detik-detik Pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla

Pidato Pelantikan Joko Widodo
Pidato Pelantikan Joko Widodo

Hari ini, Senin 20 Oktober 2014, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meletakkan jabatan. Presiden terpilih Joko Widodo kemudian diambil sumpah sebagai Presiden Indonesia yang ketujuh.

Joko Widodo akan dilantik di Gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat. Proses pelantikan dimulai dari pukul 08.00 WIB. Berdasarkan jadwal, Jokowi akan dilantik pukul 10.12 WIB. Setelah Jokowi mengucapkan sumpah jabatan, pimpinan MPR akan menandatangani berita acara pelantikan.

Pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla adalah pilihan terbaik yang pernah diberikan kepada Allah untuk memimpin negeri ini, saya sangat antusias dengan kepemimpinan beliau, di mana sosok Jokowi-Jk adalah mewakili pemikiran dan gagasan dari jutaan rakyat Indonesia untuk bisa maju dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia, kami sebagai rakyat yang pernah bertemu dan bertatap muka langsung dengan beliau saat pertemuan pengenalan I AM PRESIDENT INSTITUTE dengan 5 Strategi IAP:BOT di Kantornya, Rabu, 15 Oktober 2014 kemarin, Saya menaruh harapan besar kepada pasangan Jokowi-JK, semoga dengan kepemimpinan beliau kita bangsa Indonesia terlepas dari kemiskinan, KKN, pengangguran, terorisme, pertikaian suku (SARA) sehingga para investor segera menanamkan modalnya ke Indonesia,” tutur Dr. Muhammad Asmi selaku Program Direktur I AM PRESIDENT.

Berikut agenda dan peristiwa penting jelang pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla :

Pukul 10.00

Upacara pelantikan dimulai dengan lagu Indonesia Raya.

Pukul 10.04

Setelah lagu Indonesia Raya diputar, lalu mengheningkan cipta, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan langsung memberikan pidato.

Pukul 10.09

Sementara massa pendukung Joko Widodo sudah memadati Bundaran Hotel Indonesia. Mereka akan merayakan pelantikan ini dengan karnaval budaya.

Pukul 10.14

Ada 17 pimpinan dan utusan negara sahabat yang menghadiri Pelantikan Presiden terpilih Joko Widodo hari ini. Mereka antara lain Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry dan Perdana Menteri Malaysia Tun Najib Razak.

Pukul 10.23

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan menguraikan sejumlah keberhasilan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang memerintah selama sepuluh tahun.

Pukul 10.25

Ketua MPR Zulkifli Hasan membacakan ketetapan MPR yang mengesahkan hasil Pemilihan Presiden yang dimenangi pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Pukul 10.27

Joko Widodo membaca sumpah Presiden. Joko Widodo resmi Presiden!

Pukul 10.28

Jusuf Kalla membaca sumpah Wakil Presiden. JK resmi jadi Wakil Presiden lagi!

Pukul 10.30

Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat menandatangani berita acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. Di saat yang sama, pelat mobil dinas yang dikendarai Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono dicopot dan dipasangkan ke mobil dinas yang disediakan untuk Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Pukul 10.33

Puluhan penjaja makanan tradisional sudah bersiaga di Monas. Semua makanan digratiskan, sudah dibayar oleh Panitia Syukuran Rakyat.

Pukul 10.36

Mantan Sekretaris Kabinet Dipo Alam mengucapkan selamat pada Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo dan Jusuf Kalla, yang baru saja dilantik.

Pukul 10.39

Joko Widodo membacakan pidato pertamanya sebagai Presiden. Tak lupa Jokowi memberi salam hormat pada seluruh mantan Presiden dan Ibu Negara yang hadir. Setelah itu Jokowi memberi salam pada Prabowo Subianto yang kemudian diikuti dengan tepuk tangan hadirin.

Pukul 10.46

Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia menguat sejak dibuka sebelum pelantikan Presiden Joko Widodo.

Pukul 10.48

Media asing penuh dengan nada optimisme atas pelantikan Presiden Joko Widodo.

Pukul 10.53

Mayor Agus Yudhoyono menulis surat menyentuh untuk ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono, yang baru saja meletakkan jabatan sebagai Presiden.

Pukul 10.55

Lukman Hakim Saifuddin membaca doa setelah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dilantik. “Terima kasih kepada Tuhan yang Maha Esa karena sudah membimbing demokrasi bangsa ini sehingga menemukan pemimpin yang tepat,” ujar mantan Menteri Agama itu.

Pukul 11.02

Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih kepada Prabowo Subianto. Jokowi mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersatu. “Kini saatnya kita menyatukan hati dan tangan melanjutkan ujian sejarah berikutnya di bidang politik, ekonomi, dan kebudayaan. Saya yakin bisa kita pikul bersama-sama dalam persatuan dan gotong royong,” kata Jokowi.

Pukul 11.03

Upacara pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla ditutup dengan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”.

Pukul 11.17

Sementara itu, Bundaran Hotel Indonesia, Jalan MH Thamrin dan Monas sudah dipadati dengan rakyat yang merayakan pelantikan Joko Widodo sebagai Presiden.

Pukul 11.24

Setelah dilantik, Presiden Joko Widodo akan menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak. Malamnya, Jokowi akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS John Kerry, PM Australia Tony Abbott, PM Malaysia Najib Razak, Sultan Brunei Hassanal Bolkiah dan Menteri Luar Negeri Filipina membicarakan konflik maritim di Laut China Selatan.

(BB)