Dari Audisi Reality Academy TV Show “I am President”

Sebanyak 15 pemuda berbakat ini dinyatakan lolos untuk mengikuti penjaringan tiga besar audisi Reality Academy TV Show “I am President” di Ballroom Graha Pena, Rabu 30 Mei.

Hari pertama pelaksanaan audisi Reality Academy TV Show I amPresident sudah menjaring 15 pemuda berbakat yang dimamis untuk menjadi pemimpin.

Laporan: Yusriadi, Makassar
Lima belas peserta yang lolos akan melalui penjaringan untuk menentukan tiga peserta yang akan lolos ke Jakarta. Pada tahap seleksi yang berlangsung di Ball Room Lantai 2 Gedung Graha Pena, Rabu, 30 Mei kemarin, para peserta menunjukan kebolehan mereka menyampaikan gagasan dengan berpidato di depan juri. Sekira 70 peserta yang mendaftar pun menunjukan gagasan mereka sesuai latar belakang pendidikan masing-masing.
Salah satu peserta, dr Andi Nurlinda misalnya. Dosen FKM UMI Makassar itu tampil layaknya presiden yang menyampaikan pidatonya tentang penanganan segala masalah yang tengah melanda Indonesia saat ini. Latar belakang sebagai Ahli Gizi pun selaras dengan gagasan Nurlinda untuk memecahkan persoalan bangsa.
“Jika saya menjadi presiden, maka saya akan memperbaiki gizi rakyat Indonesia karena dengan gizi yang baik maka rakyat Indonesia pun akan semakin berkualitas,” katanya di depan juri.
Salah satu dewan juri dari PT CMG Global Indonesia, Maya Andini mengaku sangat mengapresiasi konsepnya karena di kota pertama audisi yakni Surabaya belum ada gagasan tentang pemecahan masalah dari sisi kesehatan, apalagi dari gizi ibu dan anak.
“Pemuda-pemuda Makassar rata-rata berbakat untuk menjadi seorang pemimpin. Peserta di kota ini banyak dari kalangan anak SMA, itu berarti Makassar punya banyak generasi yang bisa diandalkan untuk Indonesia lebih baik ke depan,” tutur Maya yang ditemui usai proses audisi.
Jika Andi Nurlinda menyampaikan gagasannya tentang penanganan gizi, maka beda dengan Mikel Kelvin. Mahasiswa Fakultas Hukum Unhas itu tampil menyampaikan gagasannya tentang penegakan hukum yang optimal di Indonesia. Dia berkeinginan memperbaiki Indonesia dengan pelaksanaan dan penegakan hukum yang baik.
Even Manager PT CMG Global Indonesia, Mercys Charles Loho mengungkapkan, tidak menutup kemungkinan bahwa peserta dari Kota Makassar lebih dari tiga orang jika memang layak untuk menjadi kontestan pada tahap eliminasi di Jakarta nantinya.
Menurut Mercys, rencananya para peserta yang terjaring di sebelas kota nantinya akan mengikuti masa karantina selama dua sampai tiga minggu sebelum melalui proses eliminasi untuk menentukan 10 peserta yang akan bertarung di grand final.
“Grand finalnya direncanakan di Balai Sarbini pada bulan Oktober nanti. Sementara dewan juri yang akan kami libatkan nantinya adalah tokoh yang tidak memiliki kepentingan di parpol. Saat ini kami sedang mencoba melakukan pembicaraan dengan Dahlan Iskan dan Anies Baswedan,” bebernya.
Hal menarik lainnya, ungkap Mercys, peserta yang lulus sepuluh besar akan mengikuti tur Dubai, Uni Emirat Arab, China, dan India. Masing-masing peserta selama 16 hari pelaksanaan tur akan didampingi mentor pribadi. Itu bisa dari guru, dosen atau orang yang dipercayai peserta.
“Negara-negara yang menjadi tujuan tur itu merupakan negara yang 20 tahun lalu tidak memiliki apa-apa tetapi saat ini bisa maju bahkan melebihi Indonesia. Jadi mereka bisa belajar banyak di sana. Selain itu, kebetulan owner PT CMG Globar Indonesia yakni Pak Muhammad Asmi punya perusahaan di negera-negara tersebut,” tambahnya.
Pada pengumuman 15 besar kemarin, peserta yang lolos terlihat betul kegembiraan mereka. Mereka pun langsung mendapatkan sertifikat tanda lolos 15 besar I am persident”.
“Malam ini, saya akan mencari referensi lebih banyak serta latihan agar penampilan saya besok (hari ini, red) bisa lebih baik lagi,” tutur Mikel Kelvin.
Hari ini, para peserta boleh membawa suporter mereka untuk memberikan dukungan. Jika pada tahap seleksi 15 besar kemarin, para peserta hanya berpidato maka hari ini mereka tetap diberikan waktu untuk berpidato selama 3 menit lalu akan dilanjutkan dengan tanya jawab peserta dengan dewan juri yang akan disaksikan langsung para pendukung. (*/sil)